Entri Populer

Senin, 08 Agustus 2011

Apotek Langsa Disinyalir Tukar Obat Resep

Senin, 08 Agustus 2011


Aceh Bisnis Rabu, 13 Jul 2011 06:50 WIB
MedanBisnis – Kota Langsa. Apotek Langsa disinyalir menukar jenis obat resep dokter yang mahal dengan obat murahan tanpa persetujuan pasien. Hal ini membuat pasien merugi dan sekaligus dikhawatirkan membahayakan.
“Saya sangat kecewa dengan Apotek Langsa yang telah menukar obat yang telah ditentukan dokter dengan obat lain,” ucap Hasballah (58), warga Gampong Alue Dua, Kecamatan Langsa Baro, kepada wartawan baru-baru ini.

Dijelaskannya, dia menderita penyakit jantung, bahkan sudah pernah dipasang ring oleh dokter Refli Hasan, spesialis penyakit jantung yang bertugas di Medan beberapa waktu lalu. Dan dokter dimaksud menyarankan kepadanya mengonsumsi obat Plavix.

“Di hadapan saya, Dokter Refli Hasan menelepon Dokter Miharja, ahli penyakit jantung yang bertugas di RSUD Kota Langsa, agar jenis obat Plavix menjadi pilihan utama yang harus dibuat pada resep khusus untuk saya, “ ungkapnya.

Namun, ketika dia hendak mengambil obat ke Apotek Langsa berdasarkan resep dokter, obat berharga Rp 29.000 per tablet yang seharusnya diberikan untuknya ditukar dengan Vaclo dan Clapison yang harganya hanya Rp 16.500 per tablet.

Pimpinan apotek, Muchlis beberapa waktu lalu kepada wartawan mengakui pihaknya pernah menukar obat dimaksud. Menurutnya, penukaran itu dilakukan karena obat yang tertera di resep sedang habis.

“Namun, obat pengganti itu tidak menjadi persoalan dan tidak memberikan dampak apa-apa. Bahkan, penukaran itu telah mendapatkan izin dari pihak Askes,” tandas Muchlis. (m syafrizal)

















































































































Tidak ada komentar: